Sabtu, 30 Juni 2012

Karakteristik Pengusaha Sukses


Suksesnya sebuah bisnis terselip fakta mengenai karakter yang baik sang pengusaha yang berkontribusi besar bagi kesuksesan bisnisnya. Tentu pula kompetensi sang pengusaha dan orang-orang yang membantunya namun karakterlah yang signifikan. Kesuksesan tidak didapatkan begitu saja dengan cara yang mudah. Harus terus selalu bekerja keras dan penuh semangat. Yakinlah pada apa yang anda kerjakan. Selalu berpikir positif dan optimis. Minimal ada 10 karakter baik yang melekat pada pengusaha sukses, seperti :



Motivasi yang tinggi
Motivasi adalah dorongan sangat kuat yang menggerakan seseorang untuk berbuat sesuatu. Bangunlah motivasi lebih dari sekedar untuk meraih tujuan-tujuan keduniaan. Motivasi yang tinggi membuat kita lebih bersemangat dalam melakukan aktivitas kita.

Intuisi bisnis
Intuisi para pengusaha sering dimaknai sebagai keajaiban. Padahal kepekaan bisnis terasah oleh pengalaman dan proses belajar sang pengusaha.

Visi yang jelas
Visi adalah gambaran masa depan yang ingin di raih. Gambarkan seperti apa bisnis yang ingin anda bangun. Visi yang jelas dapat menuntun langkah seseorang untuk dapat mewujudkan impiannya itu.

Inovator
Kita bisa memulai bisnis dengan meniru idea tau cara pengusaha lain. Namun, walaupun meritu, usahakan ada nilai tambah agar konsumen tak berpaling dari produk kita. Kita harus lebih kreatif dalam menemukan hal-hal baru produk, kemasan, pelayanan, pemasaran, dan lain-lain. Semakin kreatif kita berinovasi, maka konsumen akan semakin banyak yang membeli produk kita.

Tidak cepat puas
Cepat puas dalam berkarya hanya akan membuat bisnis jalan ditempat. Mereka yang sukses, tidak cepat puas hanya dengan karya yang sudah ada, baik dari sisi produk, pelayanan, maupun pemasaran. Kualitas produk dan pelayanan harus terus ditingkatkan untuk selalu lebih unggul dari pada yang lain.

Berani ambil resiko
Berani mengambil resiko bukan berarti nekat, tanpa perimbangan. Mereka yang sukses berani memilih langkah yang menurut kebanyakan orang sangat beresiko. Resiko yang besar akan mengahsilkan keuntungan yang besar pula, sedangkan resiko yang rendah akan menghasilkan keuntungan yang rendah pula.

Determined ( mantap dan bulat tekad )
Jika telah meyakini sesuatu hal, pendapat atau keputusan tidak mudah berubah. Dia mantap dan yakin akan pilihannya dan keputusannya. Karakter ini tampaknya buruk. Apalagi jika kemudian pilihan itu meleset atau keliru. Tapi sebenarnya ini adalah kelebihan seorang pengusaha. Keyakinan dan tekadnya yang bulat menjadi energi untuk terus bersemangat.

Persistant
Disebut gagal jika kita berhenti berusaha, lemah dan menyerah. Pengusaha sejati tidak mudah menyerah. Ia gigih merajut cita-citanya. Kalah dalam suatu pertarungan bukan berarti kalah perang. Kalah dijadikan sebagai pelajaran untuk terus berusaha agar hasil yang akan datang lebih baik.

Problem solver
Orang-orang sukses selalu mencari solusi. Mereka adalah orang-orang yang menyelesaikan masalah, bukannya meninggalkan masalah begitu saja. Pengusaha sukses adalah orang yang bertanggung jawab dan lebih memilih mencari solusi dari pada mencari-cari kesalahan orang lain.

Pembelajar
Tidak ada pengusaha yang sukses tanpa rajin belajar dan membaca. Pengusaha sukses adalah seorang pembelajar yang tekun. Terus mencari ilmu dimana saja. Tidak pernah lelah untuk selalu mencari tahu dan mencoba hal baru.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar