Sabtu, 30 Juni 2012

Bisnis Reseller

          Istilah reseller dalam dunia usaha belakangan ini sudah tidak asing lagi di telinga. Banyak orang yang memilih usaha ini sebagai usaha yang memiliki keuntungan besar. Banyak sekali orang yang tertarik untuk menjajaki usaha ini. Keuntungan yang didapat besar, bahkan omzetnya per bulan bisa sampai puluhan juta. Reseller sendiri adalah menjual kembali suatu produk yang dilakukan oleh penjual. Atau dengan kata lain, pedagang yang menjadi perantara antara produsen dan end user.  Produk yang bisa di jadikan lahan usahanya banyak, mulai dari barang lokal maupun barang impor. Jenisnya pun beragam, mulai dari barang sehari-hari, makanan, pernak pernik, dan masih banyak lagi. Jika memang tertarik untuk menggeluti usaha ini, jangan mudah tergiur dengan apa yang orang katakana, ada beberapa langkah yang sebaiknya dilakukan.

          Lakukanlah survei kecil-kecilan untuk mengetes apakah produk tersebut diminati masyarakat atau tidak. Jangan ambil produk terlalu banyak dahulu, mulailah dengan sedikit demi sedikit. Lihat dulu, apakah produk tersebut laku dipasaran atau tidak. Dengan seperti itu, kita akan mengurangi resiko kerugian yang besar, karena jika mengambil banyak produk langsung, jika produk tidak laku, maka kerugiannya lumayan besar. Produk yang dipilih juga harus sesuai dengan apa yang sedang booming di masyarakat. Karena kita tidak perlu lagi mempromosikan sana sini, masyarakat sudah tahu produk yang dijual. Namun, janga terus terpaku pada satu produk saja, konsumen juga menginginkan produk lain agar tidak bosan. Jika konsumen yang membeli sudah mulai berkurang, pindahlah tempat jualan anda ketempat yang lebih ramai. Atau dengan mengenalkan produk baru yang tak kalah saing dengan produk sebelumnya. Pilih juga tempat promosi yang banyak dikunjungi orang, misalnya jejaring sosial. Dengan penawaran yang menarik yang bisa mempengaruhi konsumen, keuntungan anda akan lebih meningkat. Intinya, promosi yang menariklah kuncinya, jangan pernah bosan untuk mempromosikannya.

          Karena kini profesi sebagai reseller sudah menjamur dimana-mana, itu membuat anda harus menambah nilai agar daya saing juga meningkat. Agar tidak mengalami kegagalan dan kerugian, berikut ada beberapa tips untuk menjadi reseller.
- Selalu jaga hubungan dengan pemasok demi kelancaran usaha.
- Selalu berusaha untuk memenuhi kebutuhan klien.
- Jaga selalu likuiditas, kualitas, komitmen dan ketersediaan produk.
- Miliki banyak pelanggan agar relasi terus meluas.
- Siapkan modal sesuai dengan kapasitas yang dibutuhkan.
- Jadikan pesaing sebagai rekan usaha.
- Tambahkan value dalam strategi pemasaran.
- Siapkan investasi lain sebagai dana cadangan, berjaga-jaga apabila mengalami hal yang tidak diinginkan.
- Kembangkan modal dan usaha saat permintaan jauh lebih besar dari kapasitas yang dipercayakan pemasok.

Nah, semoga tips diatas dapat bermanfaat bagi anda yang berprofesi sebagai reseller atau bagi anda yang masih pemula agar dapat menghindari beberapa hal yang tidak diinginkan. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar