Sabtu, 30 Juni 2012

Bekerja Dengan Gmail


          Siapa yang tak mengenal Google, laman pencari tahu yang seakan tahu segala hal. Cukup menuliskan sebuah kata pada kolom pencarian dan situs-situs yang berisi kata tersebut langsung muncul seketika. Google bukan hanya menyuguhkan laman pencari tahu, tapi juga dilengkapi dengan tombol pencari gambar, surat elektronik, mengobrol dan lain sebagainya.
          Untuk bisa memiliki sebuah alamat email di Gmail, terlebih dahulu anda diminta untuk membuat account baru. Account ini akan bertanya tentang nama, alamat, email, dan kata sandi yang bisa anda kreasikan sendiri. Semua itu sangat mudah dan gratis. Setelah mendapatkan account Gmail, barulah anda bisa masuk dan mulai bekerja dengan semua fasilitas yang ada di Gmail.
          Gmail oleh penciptanya dirancang khusus untuk membantu para penggunanya. Bukan hanya menulis surat, tetapi juga untuk bekerja. Karena itu, Sergey Brin dan larry Page, penemu Google, menyertakan beberapa lembar kerja disana. Setelah masuk Gmail, disebelah kiri atas banyak tombol yang bisa anda klik seperti kalender, dokumen, foto, dan lain-lain.
          Untuk lembar kerja seperti Microsoft Office, anda harus mengklik document. Setelah terbuka, muncul kata-kata lain yang bisa diklik seperti new untuk membuat pekerjaan baru, upload untuk memasukan data yang sudah dikerjakan sebelumnya ke dalam lembar kerja document. Saat mengklik new akan muncul ikon-ikon seperti document, presentation, spreadsheet, form, dan folder. Fungsi document disini sama seperti Microsoft Word dalam Microsoft Office.
        
          Ikon presentation pada Gmail sama dengan Microsoft Power Point pada Microsoft Office. Lembar ini bisa digunakan untuk membuat slide untuk presentasi.
          Ikon spreadsheet dapat membantu anda ketika anda ingin membuat table dan daftar, sebagaimana anda menggunakan Microsoft Excell pada Microsoft Office.
          Gmail memiliki keunggulan lain yaitu adanya ikon form yang digunakan untuk membuat lembar formulir atau daftar pertanyaan. Bahkan jika ingin membuat pertanyaan, Gmail sudah melengkapinya dengan teks paragraph, pilihan berganda, mengisi kotak, dan lain sebagainya.anda tinggal memilih yang mana dan Gmail langsung memenuhi keinginan anda.
          Adanya lembar kerja ini sangat membantu mereka yang berada dalam satu kelompok, komunitas, bahkan perusahaan. Anda hanya tinggal membuat satu account Gmail, lalu menyebarkan username dan password nya keseluruh anggota kelompok. Sehingga mereka bisa membuka dan mengakses semua kegiatan dan jadwal yang ada disana. Tentunya langkah ini lebih efektif dalam menghemat waktu dan tenaga anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar