Sabtu, 30 Juni 2012

Google+ Untuk Bisnis

Google akhirnya merilis fitur Google + Page. Dengan Goggle + Page para pengguna jejaring sosial Google bisa membuat halaman profil, termasuk profil bisnisnya, seperti yang dilakukan Facebook dengan Facebook Page.
Fungsi Google + Page sama dengan Facebook Page. Anda bisa merekrut para pengguna Google + Page untuk menjadi fans hanya dengan mengklik +1 ke page anda. Anda juga bisa menyebarkan informasi melalui box update status. Jika sharing di Google + Page, anda bisa memilih fans.
Hampir semua fitur Google + seperti Hangouts. Circles, dan +1, juga bisa digunakan para pengguna yang memilik Page. Berarti, anda bisa berinteraksi dengan konsumen atau penggemar anda menggunakan cara-cara yang baru dan mungkin tidak pernah anda bayangkan sebelumnya. Berikut ini panduan untuk membuat Page di Google +.

1. Sign in ke Gmail
Anda harus punya akun di Google+ dulu. Caranya mudah, seperti mendaftar Gmail.

2. Klik “Create a Google+ Page”
Tombol ini ada di panel bagian kiri Google+. Tepatnya dibawah fitur Google+ Hangouts.

3. Pilih kategori
Maksudnya klasifikasi Google+ Page yang hendak anda buat apakah untuk tempat, produk atau merk. Untuk perusahaan/ lembaga/organisasi, seni/hiburan/olahraga, atau yang lainnya. Ketika memilih “other”, berarti anda menganggap Page berada diluar semua kategori yang disediakan Google.

4. Add your info
Setelah memilih kategori, Google+ akan meminta anda mengisi info tentang Page yang akan anda buat. Jika anda belum punya website tidak perlu berkecil hati karena form ini opsional. Jadi boleh dikosongkan. Sebelum menekan tombol “create”, centang opsi I agree to the pages terms and I am authorized to create this page. Setelah menekan tombol “create”, Google+ menganggap anda sebagai “halaman” atau “page” yang baru saja anda buat. Alangkah baiknya anda mengisi form atau melakukan yang diminta Google demi kebaikan dan popularitas Page anda.

5. Isi tagline Google+ Page
Tagline ( bisa juga slogan atau moto ) perusahaan atau brand yang ingin anda tampilkan dalam Google+ Page.

6. Profil Foto
Anda diminta memasukan foto profil yang mempresentasikan Google+ Page anda.

7. Get the word out
Semuanya sudah siap. Anda sudah bisa menshare Google+ Page anda ke semua orang tentu saja di Google+. Ke akun dalam circles anda atau ke pengguna Google+ lain diluar circles anda.

8. Welldone
Sekarang semuanya sudah selesai. Supaya Google+ page anda sukses, masih ada beberapa hal yang harus anda lakukan. Misalnya, meletakkan link Google+ Page anda ke blog/situs/profil jejaring sosial anda, sering mengup-date status menggunakan akun Google+ Page dan masih banyak lagi. (majalah pengusaha muslim no.23 hal 9).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar