Jumat, 29 Juni 2012

Analisis Tulisan Sebagai Karakter Diri

Jika anda penasaran dengan analisis tulisan sebagai gambaran karakter, tak ada salahnya menganalisis sendiri. Berikut ada beberapa pola dasar yang bisa digunakan.

1. Ukuran dan proporsi tulisan
Ini menggambarkan penguasaan terhadap dirinya sendiri sekaligus pengahargaan, bisa dilihat dari besar kecilnya tulisan. Jika kecil, maka orang ini sangat berkonsentrasi namun kurang percaya diri. Jika hurufnya besar-besar, artinya penulis percaya diri dan fleksibel mengahadapi persoalan.

2. Margin
Ini menggambarkan toleransi juga harapan pada diri sendiri. Jika margin sama, maka orang ini memiliki disiplin yang baik namun tidak suka dengan kesalahan. Jika margin naik turun, artinya penulis adalah orang yang sangat spontan dan kurang bisa mengatur hidupnya.

3. Spasi
Spasi huruf : jika jaraknya dekat, maka kemampuan bersosialisasinya baik
Spasi kata : jika jaraknya dekat, maka orang ini tidak takut untuk menerima perubahan
Spasi baris : jika jarak antarbarisnya sama, maka orang ini percaya diri

4. Kemiringan huruf
Ini menggambarkan emosi dan kepribadian. Jika tegak, berarti orangnya praktis, tidak emosional, dan mampu menyembunyikan permasalahan namun kurang spontan. Jika miring ke kanan, artinya orangnya supel. Namun jika kemiringannya terlalu ekstrim ke kanan, maka orang ini sulit menahan perasaannya. Jika terlalu miring ke kiri, tandanya orang ini egois dan tak suka mengumbar perasaannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar