Minggu, 24 Juni 2012

Senam Yang Baik dan Benar

Kebanyakan orang yang tidak memiliki waktu untuk berolahraga secara rutin memilih senam sebagai olahraga mereka setiap akhir pekan. Tidak masalah jika seperti itu, karena senam tersebut dapat memberi manfaat bagi mereka yang melakukannya, setidaknya untuk peregangan sendi-sendi tubuh kita yang terasa kaku dan pegal. Namun, senam jangan dilakukan dengan gerakan asal-asalan, atau dengan gerakan sesuka hati kita, gerakanlah tubuh dengan gerakan yang tepat dan teratur, karena jika kita mau merasakan manfaat sesungguhnya, gerakan senam harus mengikuti tahapan-tahapan yang benar. Tahapan-tahapan itu yaitu  :

1. Pemanasan

    Banyak orang yang mengabaikan pemanasan sebelum senam, padahal pemansan wajib dilakukan untuk menyiapkan otot dan sendi tubuh sebelum memulai latihan inti dari olahraga yang kita lakukan. Dengan pemanasan, suhu tubuh akan naik, denyut jantung meningkat sehingga pasokan oksigen ke dalam menjadi lebih banyak karena aliran darah yang mengalir lebih cepat ke seluruh tubuh. Bila tidak melakukan pemanasan, bisa saja mengalami otot dan sendi kaku, keseleo, kram, pegal-pegal, atau cedera tulang belakang. Lakukanlah pemanasan sekitar 10-15 menit sebelum berolahraga.

2. Latihan inti

    Dalam senam, gerakan-gerakan yang terdapat pada latihan inti lebih kepada pembentukan, dan setiap gerakannya memiliki fungsi yang berbeda-beda. Setiap gerakan disesuaikan dengan kebutuhan pembentukan yang diinginkan. latihan inti ini dilakukan sekitar 30-35 menit.

3. Pendinginan

    Pada tahap ini secara bertahap kita memperlambat intensitas latihan, sehingga suhu tubuh akan turun dengan perlahan, denyut jantung dan pacu nafas juga dikembalikan ke keadaan normal. Gerakan pendinginan ini hampir sama dengan gerakan pemansan, yaitu perengangan, tetapi peregangan yang ke arah rileksasi, sehingga tubuh akan terasa nyaman. Pendinginan ini dilakukan selama 10-15 menit.

Tips yang harus diperhatikan sebelum memulai senam :

  • pilih senam yang tidak terlalu berat gerakannya.
  • biasakan mandi dulu sebelum senam
  • jangan melakukan senam sehabis makan, dan jangan langsung makan setelah selesai senam, beri waktu 10-15 menit.
  • pakai pakaian yang nyama, tidak panas, dan menyerap keringat
  • cek kondisi tubuh sebelum senam
  • ikuti gerakan senam dengan memperhatikan tahapan-tahapan yang benar
Itulah beberapa tips yang aman sebelum kita memulai senam. Semoga setelah membacanya, anda dapat mempraktikannya.

2 komentar:

  1. makasih ya kak atas info'nya, bisa dicoba nih, hehe :), oh iya kalau beli baju senam wanita dimana ya kak? terimakasih :)

    BalasHapus
  2. salam kenal..
    Artikelnya sangat membantu ya ..
    dan untuk menurunkan berat badan bisa juga dilakukan dengan senam secara rutin tapi untuk baju senam terbaru saat ini seperti apa ya..

    BalasHapus