Sabtu, 30 Juni 2012

Strategi Pencarian di Internet


          Bagi anda pemula pengguna internet, pasti anda akan terkagum-kagum dengan kecepatan dan kecanggihan internet. Banyak hal yang bisa anda dapatkan hanya dengan satu kata saja. Kata apapun yang anda ketikan, akan dengan mudah anda dapatkan dilayar komputer anda. Ribuan bahkan jutaan hasil yang didapatkan hanya dalam waktu 0,1 detik saja. Anda juga pasti bingung jika harus melihat semua hal yang terkait dengan kata yang anda ketikan tadi. Nah, untuk memaksimalkan pencarian, dan menghemat waktu, berikut ada beberapa strategi yang bisa diterapkan.

Gunakan kata yang spesifik.  Misalnya, anda ingin mencari informasi mengenai buku dengan pengarang Natasha yang berjudul bunga. Maka, di kolom search, tulislah dengan “buku” “Natasha” “bunga”. Dengan kata kunci seperti itu, pencarian anda akan langsung tertuju pada hal yang berkaitan dengan kata kunci yang anda masukan tadi.

Tanda kutip. Seperti hal diatas, tanda kutip diatas dimaksudkan agar pencarian lebih optimal. Jika digunakan dalam satu kalimat diawali dan diakhiri tanda kutip, maka server akan mencari situs yang menampilkan rangkaian kalimat tersebut atau memuat sebanyak mungkin kata-kata yang anda tuliskan.

Penggunaan tanda minus (-) sebelum tanda kunci anda ketik akan mengeliminasi kata tersebut dari pencarian. Jangan gunakan spasi setelah tanda minus, karena pencarian yang diinginkan akan sia-sia saja.

Kata sambung seperti di, ke, dari, dan, yang, the, but, and, dan lain-lain sebaiknya tidak dipergunakan dalam pencarian disitus internet. Kecuali jika anda mencari judul misalnya judul film, lirik lagu, atau yang lainnya. Agar optimal, gunakan tanda kutip diawal dan diakhir tanda kutip.

Sinonim. Jika langkah diatas sudah digunakan namun hasilnya masih kurang memuaskan atau kurang optimal, tidak perlu khawatir, masih bisa menggunakan cara lain seperti menggunakan sinonim atau alternatif lain dari kata yang dimaksudkan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar