Sabtu, 28 April 2012

Pola Hidup Sehat


          Kesehatan adalah sesuatu yang sangat penting dan harus tetap dijaga sampai kapanpun. Kebanyakan dari kita baru berpikir kesehatan itu perlu dijaga setelah kita terkena penyakit. Padahal, untuk hidup sehat itu mudah dan tidak perlu repot. Karena kurangnya kesaradan untuk menjalani pola hidup sehat, makanya kita sering mengabaikan kesehatan kita. Padahal, dengan hidup sehat, kita akan mencegah datangnya berbagai penyakit. Tidak perlu dengan mengeluarkan banyak uang untuk menjaga kesehatan, dengan cara-cara sederhana pun kita juga bisa tetap sehat, asalkan dilakukan dengan rutin dan didasarkan oleh kemauan diri sendiri. Berikut ada beberapa tips dari saya yang mungkin bisa membantu anda untuk menjalani pola hidup sehat.
1. Olahraga secara teratur
Cara ini adalah cara yang paling baik dan yang paling mudah dilakukan agar kesehatan kita tetap terjaga. Dengan berolahraga, peredaran darah dan oksigen akan berjalan dengan lancar, sehingga tubuh tetap sehat dan segar.

2. Kurangi aktivitas
Aktivitas sering kali membuat kita lupa untuk melakukan olahraga dan lupa akan pola hidup sehat. Kebanyakan dari kita beranggapan kesibukan akan pekerjaan jauh lebih penting dibandingkan dengan menjaga kesehatan tubuhnya sendiri. Sehingga banyak sekali yang diabaikan karena pekerjaan. Nah, mulai sekarang, pilih aktivitas yang tidak terlalu melelahkan. Kurangi aktivitas yang tidak begitu penting.

3. Istirahat yang cukup
Jika sudah lelah bekerja, jangan paksa tubuh anda untuk bekerja lebih lama lagi. Luangkan waktu anda untuk berisitirahat sejenak. Tidurlah minimal 8 jam perhari agar anda dapat bertenaga kembali esok hari untuk beraktivitas.

4. Makan makanan yang bervitamin dan sehat
Jangan sembarangan untuk memakan makanan. Pilihlah makanan yang sehat dan mengandung banyak vitamin seperti sayuran, ikan, dan buah-buahan. Hindari makan goreng-gorengan dan makanan yang mengandung banyak lemak, karena hal tersebut dapat merusak sel tubuh. Hindari juga makanan yang mengandung pengawet, karena kandungan didalamnya sangat berbahaya untuk tubuh.

5. Banyak minum air putih
Disarankan minumlah air putih kurang lebih 8 gelas perhari. Hal tersebut berguna untuk memperlancar aliran darah ke organ tubuh. Hindari berbagai minuman yang mengandung soda.

6. Jangan merokok
Sebagaimana kita ketahui, rokok memang tidak disaran untuk di konsumsi. Rokok mengandung berbagai macam penyakit berbahaya. Bahan pembuatannya menjadi racun bagi tubuh kita, sehingga lama kelamaan fungsi organ tubuh akan menurun. Akibatnya, berbagai penyakit menyerang tubuh kita. Untuk itu, hindarilah rokok sejak dini.

7. Minum susu
Susu merupakan sumber kalsium yang baik dan bermanfaat untuk memperkuat tulang agar tidak mudah keropos. Minumlah susu 2 kali sehari secara rutin.

Ayo biasakan pola hidup sehat mulai dari sekarang. Karena kesehatan itu tidak ternilai harganya. Semoga tips yang saya berikan diatas bermanfaat dapat membantu anda untuk menjalankan pola hidup sehat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar