Senin, 09 April 2012

Cara Mengendalikan Pengeluaran Sehari-hari

Untuk mengatur keuangan memang tidaklah mudah. Begitu banyak keinginan untuk membeli barang-barang, terutama barang yang benar-benar disukai. Belum lagi untuk membeli kebutuhan sehari-hari. Jika uangnya sudah habis, baru kita berpikir untuk apa uang yang segitu banyaknya digunakan. Kita harus bisa mengendalikan pengeluaran kita. Sebisa mungkin kita meminimalkan pengeluaran. Nah, ini ada beberapa tips dari saya agar pengeluaran sehari-hari tetap terkontrol dan tidak terbuang sia-sia.

1). Sisihkan sebagian uang
Ini dimaksudkan agar uang anda tidak semuanya terpakai. Pisahkan sebagian atau setengahnya untuk anda simpan, jika suatu hari nanti uang anda habis sebelum waktunya, anda masih mempunyai uang yang anda simpan tadi untuk digunakan.

2). Pilih barang sesuai kebutuhan
Belilah barang sesuai dengan apa yang anda butuhkan. Singkirkan rasa egois anda untuk membeli barang yang anda inginkan. Karena barang yang anda butuhkan sudah pasti akan anda gunakan dan tidak akan sia-sia, namun barang yang anda inginkan, belum tentu akan anda gunakan setelah dibeli. Jangan menbuang-buang uang untuk barang yang tidak terlalu penting.

3). Catat barang-barang yang ingin dibeli
Buatlah daftar belanjaan untuk keperluan anda sehari-hari atau barang lain yang memang harus dibeli pada saat itu juga. Sehingga bisa diperkirakan berapa uang yang harus dikeluarkan untuk membeli keperluan tersebut.

4). Catat dan simpan semua bukti pembayaran
Gunanya jika anda lupa uang anda digunakan untuk apa saja, atau jika anda ingin mengetahui barang apa saja yang terbeli, anda bisa melihatnya lagi dan menghitung besarnya pengeluaran anda.

5). Ditabung
Ini adalah tips yang paling menguntungkan. Jangan ragu untuk menabung jika anda memiliki uang yang berlebih. Dengan menabung uang anda, anda tidak perlu khawatir anda akan kehabisan atau kekurangan uang. Dengan cara ini juga anda bisa lebih menghemat pengeluaran anda. Dari pada anda membeli barang yang tidak bermanfaat, lebih baik uangnya ditabung, dan jika anda butuh bisa anda gunakan dahulu dan menabungnya lagi nanti.

Semoga tips diatas dapat berguna dan bermanfaat untuk anda yang ingin menghemat uang dan mengendalikan pengeluaran anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar