Sabtu, 17 Maret 2012

Menyiapkan Dana Pensiun Buat Hari Tua

     Membuat program pensiun pada saat usia muda dan masih produktif sering dianggap naif bagi sebagian orang. Sebenarnya ini sangat penting, bahkan program pensiun sebaiknya dipersiapkan ketika usia dibawah 40 tahun. Dengan begitu kita dapat memprediksi berapa lama kita masih bekerja, dan berapa banyak uang yang dapat kita kumpulkan di hari tua. Selain itu kita juga harus memikirkan kebutuhan-kebutuhan ketika kita sudah tidak produktif.
     Jika anda punya penghasilan tetap, memprediksi dana pensiun relatif mudah, tapi bagaimana jika anda punya penghasilan tidak tetap ? Maka sudah saatnya untuk waspada dan tetap menyiapkan program hari tua dengan menabung sejak dini. Untuk menyiapkan dana pensiun, kita harus disiplin dan konsisten dalam pembayaran dana pensiun atau tabungan pensiun. untuk itu, kita harus hemat mengelola keuangan kita.

Kiat Menyiapkan Program Dana Pensiun

1. Prediksikan Biaya Hidup Setelah Pensiun

    Sebelum mengikuti program dana pensiun, tak ada salahnya kita memprediksikan kebutuhan biaya hidup setelah pensiun. Sebisa mungkin kita tahu berapa besar kebutuhan kita dihari tua menyangkut biaya hidup, biaya kesehatan, dll. Kita juga dapat memprediksikan berapa penghasilan yang kita peroleh di hari tua jika mengikuti program dana pensiun. Dengan menghitung besarnya pengeluaran serta pendapatan , setidaknya kita bisa mengantisipasi tantangan masa depan.

2. Buat Program Dana Pensiun Secara Komprehensif

    Setelah memprediksi kebutuhan biaya hidup dihari tua, sekarang kita bisa memilih program dana pensiun, termasuk program asuransi kesehatan, jiwa dan pendidikan. Dengan dana pensiun, diharapkan masa tua kita akan lebih tenang secara finansial. Jika bingung dengan jenis program yang hendah dipilih, tak ada salahnya mencari tahu lewat buku, internet atau bertanya kepada yang lebih mengerti. Diharapkan, nantinya program dana pensiun atau investasi itu bisa menopang pengeluaran biaya hidup kita dihari tua.

3. Buat Perencanaan Asuransi

    Pilihlah program asuransi apa yang hendak anda pilih. Apakah itu asuransi jiwa atau asuransi kesehatan ? Memang program asuransi bagi diri sendiri dan keluarga memerlukan kedisiplinan dalam membayar polis asuransi tersebut. Jangan biarkan polis yang sudah anda bayar hangus karena macet ditengah jalan. Saat ini bisa jadi polis asuransi itu belum terlalu anda butuhkan, tapi akan sangat berguna jika digunakan di masa pensiun.

4. Bayar Advance Jika Dapat Duit Besar

    Jika anda mendapat uang besar, tak ada salahnya membayar dana pensiun atau program asuransi secara advance. Hal ini untuk mengantisipasi kemungkinan terburuk kalau biaya kebutuhan anda sudah teralu besar dan berpengaruh dalam pembayaran cicilan polis asuransi dan tabungan pensiun.

5. Evaluasi Dana Pensiun dan Program Asuransi secara Berkala

    Meski kita sudah menyerahkan sepenuhnya kepada bank atau lembaga untuk mengurus program dana pensiun dan program asuransi, tapi kita harus mengevaluasinya secara berkala. Dengan begitu kita dapat pantau sejauh mana kinerja bank atau lembaga yang kita percayakan dalam mengurus program tersebut. Selain itu, kita juga dapat melihat kelebihan serta kekurangan dari program yang telah kita ikuti. Apabila terdapat kesalahan, kita dapat secepatnya memperbaiki demi kelancaran program dana pensiun yang kita ikuti.

sumber : paras , No. 43 tahun IV, April 2007.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar