Sabtu, 18 Januari 2014

Mengundurkan Diri atau Melayani ?

Kasus Etika : Mengundurkan Diri atau Melayani ?

    Prairieland Bank adalah sebuah lembaga keuangan menengah di Midwestern. Namun, akhir-akhir ini CEO perusahaan dipindahkan ke San Francisco untuk mengawasi transaksi besar.
Dari kasus etika tersebut, dapat diketahui kronologi permasalahannya sebagai berikut :
  1. Perusahaan sedang mengalami penurunan profitabilitas. Profitabilitas atau kemampuan memperoleh laba adalah sesuatu dalam presentase yang digunakan untuk menilai sejauh mana perusahaan mampu menghasilkan laba pada tingkat yang dapat diterima.
  2. Usulan untuk pihak manajemen agar melakukan upaya tagihan beberapa kredit yang macet dan menyesuaikan beberapa kebijakan akuntansi agar membuatnya tidak terlalu konservatif.
  3. Bent Hunt adalah seorang Auditor untuk Prairieland Bank yang khawatir atas opini yang diberikan atas laporan keuangannya.
  4. Bent Hunt melakukan konsolidasi dengan pihak manajemen perusahaan untuk membahas permasalahannya.
  5. Pihak manajemen menolak usulan tersebut dan mereka membuat kebijakan untuk bekerja sama dengan sebuah perusahaan dalam hal mengasuransikan setiap permasalahan bank.
  6. Ben meminta nasihat kepada James (partner senior diperusahaannya) berkaitan dengan perilaku akuntansi yang dipakai oleh pihak manajemen dan resiko-resiko auditnya.
  7. Ben dan James sepakat bahwa mereka memutuskan mengundurkan diri dari kerja sama dengan Prairieland Bank.
  8. James bertemu dengan Jack Lane (partner senior diperusahaan pesaing) dan Jack Lane baru saja mendapatkan klien Prairieland Bank.
Pertanyaan :
1.  Apakah keputusan yang benar: Mengundurkan diri atau untuk melayani ?
2.  Apakah yang seharusnya James lakukan ?

Jawaban :
1. Apakah keputusan yang benar: Mengundurkan diri atau untuk melayani ?
    Jawab : Mengundurkan diri, Alasannya :
  • Ben dan James sudah tidak sependapat lagi atas kebijakan yang di ambil oleh pihak manajemen   Prairieland Bank. Dan apabila mereka tetap mengikuti keinginan dari pihak manajemen Prairieland Bank maka mereka akan mengalami resiko-resiko sebagai auditor.
  • Jika mereka tetap melayani maka apa yang mereka lakukan akan menyimpang dari standar umum auditor dimana sikap indenpendensi sebagai seorang auditor harus dipertahankan.
  • Dan pada kode etik auditor sendiri menyatakan bahwa “Kode etik merupakan dasar profesionalisme auditor dalam pelaksanaan audit. Profesionalisme dari seorang auditor tercemin dari sikap dapat dipercaya, memiliki integritas, dapat menjaga kerahasiaan dan berpendirian. Dan dalam hal ini Ben dan James apabila mereka tetap mengikuti kebijakan dari pihak Prairieland Bank, mereka tidak bisa menunjukkan sikap berpendirian, karena penilaian yg ia berikan tidak sesuai dengan penilaian yang proporsional dan kontekstual yang ia temukan di perusahaan tersebut. Dalam hal ini adalah “Penjelasan bahwa ketentuan untuk pinjaman yang diragukan terlalu rendah, sedangkan pihak perusahaan Prairieland Bank tidak ingin meningkatkannya karena akan menurunkan keuntungannya.

2. Apakah yang seharusnya James Lakukan ?
   Jawab : Dengan melihat keadaan permalasahannya maka james sebaiknya memberitahukan kepada Jack Lane bahwa dia baru saja mengundurkan diri sebagai mitra dari Prairieland Bank dengan menjabarkan alasan-alasan kenapa dia berhenti agar membuat Jack Line menimbang kembali tawaran yang telah diambil.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar