BAAK Online
BAAK ( Biro Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan ) adalah biro yang menangani segala sesuatu yang berkaitan dengan kegiatan belajar mengajar dan administrasi akademik bagi seluruh mahasiswa Universitas Gunadarma.
Fitur-fitur yang ada di BAAK adalah sebagai berikut :
1). Home
Home merupakan tampilan paling awal ketika membuka BAAK. Home berisikan tentang kegiatan selama perkuliahan berlangsung dan semua hal yang berkaitan dengan kemahasiswaan. Misalnya :
v Info pelayanan
§ Perkuliahan dan ujian untuk mengetahui kalender akademik, daftar mata kuliah, daftar dosen pembimbing PI dan wali kelas, jadwal kuliah, jadwal ujian, pengurusan ujian bentrok, Formulir Rencana Studi (FRS ).
§ Administrasi akademik untuk mengetahui tentang daftar ulang, cuti akademik, keaktifan kuliah, pengecekan nilai, pindah lokasi/waktu kuliah dan pindah jurusan.
v News
Merupakan tempat berita-berita yang berkenaan dengan kegiatan pembelajaran dan informasi-informasi baru lainnya.
v Kontak kami
Untuk memperbaiki kesalahan data atau data yang tidak akurat secara online. Caranya hanya menuliskan nama, email dan pesan untuk menuliskan data yang benar.
v Kalender akademik
Berisikan kegiatan kegiatan setahun seperti waktu mengisi KRS, waktu ujian, waktu libur perkuliahan, dll yyang berkaitan dengan proses pembelajaran.
v Info Update
Merupakan info yang paling baru.
v Jadwal akademik
Berisikan tentang jadwal pengisian KRS, daftar ulang, ujian utama, UAS, dan perkuliahan di tahun ajaran tersebut.
v Info mahasiswa
Untuk mengetahui kelas dan daftar nama sekelas.
2). Tentang BAAK
Tentang BAAK menjelaskan tentang profil BAAK , struktur BAAK yang terdiri dari sub fakultas, sub koordinasi perkuliahan, sub monitoring perkuliahan, dan sub ujian.
3). FAQ
Merupakan UGPedia yang didalamnya terdapat pertanyaan-pertanyaan dalam BAAK yang akan dijawab langsung.
4). Situs SAP
SAP ialah yang berisi pembagian materi suatu kuliah tiap kali kuliah atau pertemuan. SAP berisi rincian materi kuliah setiap pertemuan kuliah dan tujuan belajarnya serta buku buku acuan untuk belajar. SAP tersebut harus memuat unsur-unsur seperti :
v Kode, nomor, dan nama mata kuliah
v Kedudukan mata kuliah
· Mata Kuliah Umum (MKU)
· Mata Kuliah Dasar Keahlian (MKDU)
· Mata Kuliah Keahlian (MKK)
v Semester dan tahun mata kuliah tersebut diajarkan
v Bobot kredit
v Tujuan mata kuliah
v Mata Kuliah prasyarat ( bila perlu )
v Waktu dan tempat kuliah
v Nama pengajar
v Rincian acara perkuliahan dan bahan bacaan wajib dan anjuran
v Cara mengevaluasi proses pembelajaran.
5). Buku pedoman
Berisikan daftar buku yang dijadikan pegangan/pedoman.
6). Tanggal
Berupa tanggal pada saat yang bersangkutan.
Kelebihan BAAK
Segala macam pertanyaan yang membingungkan atau kurang dimengerti, kita dapat langsung menanyakannya ke BAAK dan langsung segera dijawab oleh team BAAK.
Kekurangan BAAK
Jika ada informasi terbaru terkadang terlambat untuk memberitahukannya ke mahasiswa.
Library
Library atau perpustakaan di Universitas Gunadarma adalah unit yang berfungsi memberikan pelayanan informasi kepada mahasiswa, dosen, dalam melaksanakan tugas-tugas Tri Dharma Perguruan Tinggi yang mencakup pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Situs ini ditujukan untuk anggota perpustakaan Universitas Gunadarma secara khusus dan masyarakat pada umumnya. Fasilitas ini digunakan oleh mahasiswa, dosen, karyawan, dan alumni Universitas Gunadarma.
Fitur-fitur yang terdapat di library UG :
1). Home
Home merupakan halaman depan dari library. Pada halaman depan atau home ini terdapat :
v Tanggal yang berlangsung
v Tempat untuk login
v Berita (news)
v Google search
v Ikon-ikon seperti catalog buku, penulisan PI/skripsi, bebas perpus, online booking, koleksi digital, WAP, dan gallery.
v Menu , yang terdiri dari :
a. Penelusuran katalog yang berfungsi untuk mencari buku berdasarkan judul, pengarang, penerbit, dll.
b. Penelusuran tulisan, yaitu untuk mencari koleksi penulisan ilmiah atau skripsi dengan memasukan criteria pencarian, jenis penulisan, berdasarkan (untuk mencari berdasarkan judul penulisan, nama penulis, tahun siding, pembimbing, dll), operator, kata kunci, dan pencarian.
c. Data peminjaman buku, yaitu untuk mengetahui transaksi anggota perpustakaan Universitas Gunadarma.
d. Penelusuran jurnal
e. Informasi bebas perpus
f. Penelusuran koleksi audio visual
g. Koleksi buku terbaru, merupakan daftar buku-buku yang paling terbaru.
h. Usulan buku, merupakan daftar buku-buku yang diusulkan oleh anggota library UG atau mahasiswa UG.
i. Links and resources
j. Petunjuk pembuatan PI/skripsi, berisi petunjuk penyusunan penulisan ilmiah dan template cover CD penulisan PI/skripsi.
k. Free journals
l. FAQ, berisi berbagai macam pertanyaan dan jawaban yang ditanyakan oleh mahasiswa seputar perpustakaan.
2). Profil
Berisi profil tentang perpustakaan universitas Gunadarma , tujuan perpustakaan UG, sejarah, dan lokasi operasional.
3). Layanan
Layanan yang disediakan oleh perpustakaan Universitas Gunadarma adalah :
a. Keanggotaan
Layanan keanggotaan ini ditujukan untuk mahasiswa dan staff/dosen dilingkungan Universitas Gunadarma. Karena dengan keanggotaan ini mahasiswa, staff/dosen dapat meminjam koleksi bahan pustaka di perpustakaan Universitas Gunadarma.
b. Peminjaman bahan pustaka bagi anggota
Peminjaman bahan pustaka ini hanya diperuntukan untuk anggota. Bahan pustaka yang dapat dipinjam berupa buku teks untuk mahasiswa dan dosen/staff serta buku diktat kuliah untuk dosen/staff.
c. Administrasi
Layanan ini meliputi pembuatan Surat Bebas Perpustakaan dan Surat Keterangan Sumbangan.
d. Kunjungan ruang referensi
Diruang ini tersedia jurnal, majalah, penulisan ilmiah, skirpsi, dan akses internet.
4). Koleksi
Berisi koleksi buku yang ada diperpustakaan Universitas Gunadarma.
5). Peraturan
Yaitu peraturan yang ditujukan kepada pemakai dalam menggunakan fasilitas perpustakaan. Peraturan ini berisi tata tertib yang harus diketahui oleh pengguna perpustakaan.
6). Petunjuk
Petunjuk ini sebagai pelengkap peraturan yang dikeluarkan oleh Universitas Gunadarma. Berdasarkan layanan yang disediakan :
a) Keanggotaan ( prosedur pendaftaran, dan perpanjangan keanggotaan ).
b) Sirkulasi ( prosedur peminjaman, pengembalian, dan perpanjangan peminjaman bahan pustaka ).
c) Administrasi ( prosedur pembuatan Surat Bebas perpustakaan dan Surat Keterangan Sumbangan.
d) Kunjungan ( prosedur kunjungan ke ruang referensi ).
8). SOP Online
SOP ( Standar Operasional Prosedur ) ini berisi link-link dari masing-masing SOP yang telah tersedia di dalamnya.
Kelebihan Library
v Memberikan kemudahan bagi pengguna jasa Perpustakaan Universitas Gunadarma untuk meningkatkan pengetahuannya.
v Dilengkapi dengan beragam bahan pustaka yang terdiri dari buku literatur baik dalam bahasa Indonesia maupun bahasa inggris, majalah, jurnal ilmiah, serta buku pengetahuan lainnya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar